Minggu, 10 Februari 2013

Kandungan Bahan Kimia Berbahaya Dalam Sabun Mandi Yang Dapat Merusak Kulit

Diposkan oleh Felisha Maudy di 23.24
Sabun Mandi memiliki peranan yang sangat penting dalam melakukan aktivitas mandi, karena dapat membersihkan tubuh dari kotoran sekaligus dapat membuat tubuh Anda menjadi segar dan wangi. Namun Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih jenis Sabun Mandi dan perhatikan kandungan bahan pembuatannya, jangan sampai kulit Anda menjadi rusak atau terkena alergi dan kering. Bukannya mendapatkan kulit yang sehat malah kulit Anda menjadi rusak karena adanya kandungan bahan kimia berbahaya yang terkandung dalam produk sabun tersebut.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) adalah bahan kimia berbahaya bagi kulit yang biasanya dapat ditemui pada beberapa produk seperti misalnya pada pasta gigi dan sabun. Bahan kimia ini merupakan salah satu bahan pembersih surfaktan yang dapat mengangkat kotoran dan noda minyak. Bahan kimia ini memiliki sifat sebagai bahan pembersih yang sangat kuat dan biasanya bahan kimia ini dicampur ke dalam produk pembersih karena memiliki kemampuan untuk menghasilkan busa yang banyak.

Namun sayangnya, meskipun memiliki kemampuan yang kuat sebagai pembersih, Sodium Lauryl Sulfate (SLS) ini jika digunakan dalam jangka waktu panjang dan sering, dapat mengakibatkan iritasi yang tinggi pada kulit. Dan untuk jangka pendeknya mengakibatkan alergi, gatal-gatal, kulit kering serta kemerahan. Efek samping ini dapat terlihat jelas pada orang yang memiliki jenis kulit sensitive. Selain itu karena daya pembersihnya yang kuat, SLS ini dapat mengangkat dan mengikis lemak yang sangat berguna bagi kulit. Padahal lemak memiliki peran yang sangat penting bagi kulit karena dapat melindungi kulit dari radikal bebas, sengatan sinar matahari dan juga hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan dan kelembabankulit, seperti alergi dan iritasi.

Agar terhindar dari SLS ini, ketika Anda memilih produk sabun hendaknya Anda teliliti dan baca terlebih dahulu label bahan pembuatannya. Selain itu produk sabun yang mengandung SLS akan terasa lebih kesat di kulit saat digunakan.

1 komentar:

Muhammad Adam Hussein on 20 Oktober 2013 01.32 mengatakan...

makasih neng, udah berbagi info.

Poskan Komentar

 

Felisha Maudy Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos