Rabu, 09 Januari 2013

Perawatan Bayi Baru Lahir

Diposting oleh Unknown di 19.21

Bayi adalah makhluk yang masih lemah dan membutuhkan perawatan khusus dan istimewa terlebih pada saat baru dilahirkan. Perbedaan kondisi dari dalam rahim yang hangat dan nyaman dengan dunia luar yang lebih dingin mengharuskan orang tua jeli dan pandai dalam memberikan perawatan agar bayi tetap merasa nyaman dan tenang. Ada beberapa cara perawatan bayi baru lahir yang dapat anda lakukan.
Pertama, bayi sering lapar dan menangis. Kebiasaan makan bayi selama di dalam kandungan adalah secara otomatis, berbeda dengan saat dilahirkan. Ketika bayi merasa lapar dia baru bisa menyampaikan melalui tangisan. Solusi terbaik untuk masalah ini adalah susui bayi anda sesuai keinginan dan kebutuhannya. Jangan takut kehabisan air susu dengan tetap menjaga porsi makan ibu 4-5 kali lebih banyak dari biasanya.
Kedua, kebiasaan buang air pada bayi. Jadwal buang air kecil maupun besar bayi memang masih belum rutin. Tetapi sering buang air adalah pertanda kelancaran dari system pencernaan bayi. Jangan menunda membersihkan dan mengganti popok bayi ketika bayi buang air untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan bayi. Perhatikan air seni bayi jika terlalu kuning mungkin bayi kurang minum. Begitu juga dengan feses, bayi dengan asi eksklusif akan memiliki bentuk feses yang lebih lunak dan tidak terlalu berbau. Berikan krim pada selangkangan dan dekat alat kelamin bayi untuk menghindari ruam popok.
Ketiga, perhatikan waktu tidur bayi. Bayi membutuhkan waktu untuk tidur sekitar 16 jam sehari dengan tidur malam yang gelisah dan beberapa kali terbangun. Bayi baru memiliki jadwal tidur yang rutin setelah berusia 5 minggu, yaitu tidur lebih awal saat malam hari dan terbangun 2-3 kali di tengah malam. Ciptakan suasana tidur yang nyaman dengan cara berikan baby bath saat memandikan bayi dengan air hangat, pijat bayi dengan baby oil atau lotion, dan ciptakan suasana tenang di kamar tidurnya agar tidur bayi lebih berkualitas, tenang dan nyaman.

Sari Himawati

0 komentar:

Posting Komentar

 

Felisha Maudy Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos